Selasa, 30 Juni 2015

Tembel (Sty)

Sebuah tembel adalah benjolan yang terbentuk pada atau di kelopak mata sebagai hasil dari kelenjar diblokir. Kata sty juga bisa dibilang tembel. Ada dua jenis yang berbeda dari styes hordeolum dan Chalazion. Masing-masing memiliki penyebab yang berbeda dan perawatan.

Hordeolum adalah penyumbatan salah satu dari kelenjar keringat yang ditemukan pada kulit tutup dan dasar bulu mata, atau salah satu dari kelenjar sebaceous kecil yang ditemukan di dasar bulu mata. Kelenjar sebaceous mengeluarkan sebum, bahan lilin, berminyak.

Chalazion adalah penyumbatan kelenjar meibom, yang merupakan kelenjar sebaceous khusus yang unik untuk kelopak mata. Kelenjar ini membentuk satu baris di setiap tutup, dengan tubuh kelenjar yang terletak di dalam kelopak mata, dan pembukaan terletak di tepi tutupnya, posterior ke bulu mata. Mereka mengeluarkan bahan berminyak pada permukaan mata, mencegah lapisan air mata dari penguapan terlalu cepat dari permukaan mata antara berkedip. Oleh karena itu, berkurangnya berfungsi kelenjar meibom dapat menyebabkan gejala mata kering.


Penyebab tembel

Styes terjadi ketika kelenjar di dalam atau di kelopak mata menjadi terpasang atau terhambat. Hal ini dapat terjadi jika pembukaan kelenjar terhalang oleh jaringan parut atau zat asing (make up, debu), atau jika ada penebalan zat yang dihasilkan oleh kelenjar, menyebabkan bahan mengalir lamban atau tidak sama sekali.


Faktor risiko

Obstruksi pembukaan kelenjar dapat terjadi akibat jaringan parut berikut infeksi, luka bakar, atau trauma. Zat asing seperti make up dan debu juga dapat menyumbat pembukaan kelenjar jika tidak benar hanyut.

Aliran lamban dari sebum dari kelenjar meibom yang biasa terlihat dalam kondisi peradangan kronis yang disebut disfungsi kelenjar meibom (juga biasa disebut meibomitis). Disfungsi kelenjar meibom sering dikaitkan dengan rosacea jerawat di pipi dan hidung, tetapi juga dapat dilihat sendiri.


Gejala dan tanda-tanda sty

Tanda-tanda dan gejala sty pertama biasanya kemerahan, nyeri, dan nyeri di daerah yang terkena. Mata mungkin merasa pegal atau gatal. Kemudian tanda-tanda dan gejala mungkin termasuk

    pembengkakan,
    ketidaknyamanan selama berkedip mata,
    penyiraman mata
    sensitivitas terhadap cahaya.

Sebuah tanda umum dari tembel adalah kecil, tempat kekuningan di tengah benjolan, muncul nanah naik ke permukaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar