Selasa, 30 Juni 2015

Operasi Katarak

Fakta operasi katarak

 - Gejala awal katarak meliputi penglihatan kabur, silau, dan kesulitan membaca.
 - Katarak akan mempengaruhi kebanyakan orang dan menjadi lebih menonjol seperti yang usia kita.
 - Katarak dapat didiagnosis ketika dokter memeriksa mata dengan instrumen khusus.
 - Keputusan untuk melanjutkan dengan operasi terutama didasarkan pada jumlah kesulitan Anda telah melakukan kegiatan sehari-hari rutin Anda.
 - Pengobatan untuk katarak adalah operasi pengangkatan katarak dengan implantasi lensa buatan.
 - Ada berbagai jenis lensa intraokular yang dapat mengembalikan penglihatan dengan cara yang berbeda.
 - Operasi katarak adalah cara yang aman dan efektif untuk mengembalikan penglihatan dengan komplikasi serius yang tidak biasa.


Katarak merupakan penyakit mata di mana lensa biasanya menjadi keruh atau buram, menyebabkan penurunan penglihatan. Lensa memfokuskan cahaya ke belakang mata (retina) sehingga gambar tampak jelas dan tanpa distorsi. Kekeruhan dari lensa ini selama pembentukan katarak mendistorsi penglihatan. Katarak biasanya proses yang sangat bertahap sesuai penuaan normal, tetapi kadang-kadang dapat berkembang dengan cepat. Mereka umumnya mempengaruhi kedua mata, tapi tidak jarang untuk katarak dalam satu mata untuk maju lebih cepat. Katarak sangat umum, terutama di kalangan orang tua.

Tepatnya mengapa katarak terjadi tidak diketahui. Namun, sebagian besar katarak tampaknya disebabkan oleh perubahan struktur protein dalam lensa yang terjadi selama bertahun-tahun dan menyebabkan lensa menjadi keruh. Jarang, katarak dapat hadir pada saat lahir atau pada anak usia dini sebagai akibat dari cacat herediter enzim, penyakit genetik lainnya, atau infeksi bawaan sistemik.

Trauma parah pada mata, operasi mata, atau peradangan intraocular juga dapat menyebabkan katarak berkembang lebih cepat. Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan perkembangan katarak pada usia lebih dini meliputi paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, paparan radiasi, diabetes, merokok, atau penggunaan obat-obatan tertentu, seperti mulut, topikal, atau dihirup steroid pengion. Obat lain yang mungkin terkait dengan katarak meliputi penggunaan jangka panjang statin dan fenotiazin.

Jumlah orang yang memiliki katarak diperkirakan meningkat menjadi 30.100.000 pada tahun 2020. Ketika orang mengembangkan katarak, mereka mulai memiliki kesulitan melakukan kegiatan yang mereka nikmati. Beberapa keluhan yang paling umum termasuk kesulitan mengemudi di malam hari, membaca, atau bepergian. Ini semua kegiatan yang memerlukan  melakukan yang jelas sangat penting.


Gejala dan tanda-tanda katarak

Pengembangan katarak adalah seperti melihat melalui kaca depan kotor mobil atau mengolesi minyak lebih ke lensa kamera. Katarak dapat menyebabkan berbagai keluhan dan perubahan visual, termasuk penglihatan kabur, kesulitan dengan silau (sering dengan sinar matahari atau lampu mobil terang saat mengemudi di malam hari), penglihatan warna kusam, rabun meningkat disertai dengan perubahan sering di resep kacamata, dan kadang-kadang, penglihatan ganda dalam satu mata. Perubahan dalam gelas awalnya dapat membantu sekali penglihatan mulai berubah dari katarak. Namun, katarak terus menjadi lebih padat, penglihatan juga menjadi lebih berawan, dan lebih kuat kacamata atau lensa kontak tidak akan lagi meningkatkan penglihatan.

Katarak biasanya berkembang secara bertahap dan biasanya tidak menyakitkan atau terkait dengan kemerahan mata atau gejala lain kecuali mereka menjadi sangat maju. Perubahan yang cepat dan  atau menyakitkan dalam penglihatan meningkatkan kecurigaan untuk penyakit mata lainnya dan harus dievaluasi oleh perawatan mata profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar