Selasa, 30 Juni 2015

Mengenal Kondisi Umum Penyakit Mata Bagian 2

Ketika muncul tanda-tanda penyakit mata, karena faktanya penyakit mata bisa menyebabkan kebutaan.

Anatomi Mata

Anatomi mata adalah kompleks. Struktur utama mata meliputi

 - Kornea jaringan yang jelas di bagian paling depan mata
 - Iris bagian berwarna dari mata sekitar pupil
 - Murid lubang gelap di iris yang mengatur jumlah cahaya masuk ke mata
 - Lens disk yang jelas kecil di dalam mata yang berfokus sinar cahaya ke retina
  - Retina lapisan yang melapisi bagian belakang mata, indra cahaya, dan menciptakan impuls listrik yang berjalan melalui saraf optik ke otak
 - Makula daerah pusat kecil di retina yang memungkinkan kita untuk melihat detail halus jelas
 - Saraf optik menghubungkan mata ke otak dan membawa impuls listrik yang dibentuk oleh retina ke korteks visual otak
 - Vitreous jelas, substansi seperti jelly yang mengisi bagian tengah mata


Berikut beberapa tanda-tanda dan gejala dari beberapa penyakit mata yang paling umum

Keratoconus

Kornea adalah permukaan yang jelas menutupi bagian depan mata. Hal ini biasanya halus dan bulat, mengikuti kontur bola mata. Kelemahan dalam struktur kornea dapat menyebabkan tekanan dalam bola mata, menyebabkan tonjolan yang abnormal kerucut berbentuk ke depan mata dalam kondisi yang disebut keratoconus. Perubahan bentuk kornea membuat sulit bagi mata untuk fokus bahkan dengan bantuan kacamata atau lensa kontak. Keratoconus juga dapat menyebabkan komplikasi selama operasi mata tertentu. Perawatan termasuk lensa kontak kaku atau transplantasi kornea.


Blepharitis

Blepharitis adalah peradangan pada kelopak mata. Peradangan dapat ditemukan di luar (anterior) atau bagian dalam (posterior) kelopak mata dan gejala termasuk terbakar, gatal, bengkak, kulit terkelupas di dasar bulu mata, pengerasan kulit pada kelopak mata, merobek, atau penglihatan kabur. Penyebab umum dari blepharitis masalah dengan kelenjar minyak di dasar kelopak mata, infeksi, atau kondisi kulit lainnya. Perawatan termasuk kebersihan kelopak mata yang baik, termasuk sering membersihkan, menggosok ringan, menggunakan campuran air dan sampo bayi. Kasus yang parah blepharitis mungkin memerlukan antibiotik atau steroid.


Chalazion (kelopak mata Kista)

Chalazion (juga disebut kista meibom, kista tarsal, atau granuloma konjungtiva) adalah peradangan kelenjar kistik kecil di kelopak mata. Pembukaan kelenjar menjadi tersumbat dan membengkak kelenjar. Chalazions diperlakukan dengan kompres hangat, meskipun dalam kasus yang jarang mereka mungkin memerlukan antibiotik. Jika Chalazion menjadi berat, menyebabkan perubahan dalam pandangan, atau terus-menerus, dapat diangkat melalui pembedahan.


Kornea Maag

Sebuah ulkus kornea adalah kawah kecil (ulkus) pada bagian depan mata, biasanya akibat infeksi. Bakteri, virus, atau jamur dapat menyebabkan ulkus kornea. Orang-orang yang memakai lensa kontak berada pada risiko yang lebih tinggi untuk ulkus kornea karena agen infeksi dapat terjebak di belakang lensa. Gejala ulkus kornea termasuk rasa sakit, kemerahan intens, merasa seolah-olah mata tergores atau sesuatu yang di mata, kepekaan terhadap cahaya, dan pandangan kabur. Jika Anda mencurigai ulkus kornea atau memiliki gejala ulkus kornea dan memakai lensa kontak, segera kunjungi dokter Anda. Antibiotik potensi tinggi dan obat nyeri pengobatan untuk kondisi ini.


Retinopati diabetik

Orang dengan diabetes sering memiliki masalah dengan pembuluh darah mereka sepanjang tubuh mereka dan mata tidak terkecuali. Komplikasi diabetes adalah retinopati diabetik, yang mempengaruhi pembuluh darah di belakang mata, pada retina.

Ada dua jenis retinopati diabetes

 - Retinopati nonproliferative, jenis kurang parah di mana mungkin ada perdarahan di retina dan kebocoran darah atau serum menyebabkan retina basah.
 - Retinopati proliferatif, jenis yang lebih parah di mana pembuluh darah baru yang abnormal tumbuh pada retina. Kapal ini dapat berdarah ke dalam vitreous (jeli jelas di tengah mata) dan menyebabkan masalah visual.

Pengobatan melibatkan operasi laser tapi kerusakan mungkin permanen. Cara terbaik untuk mencegah retinopati diabetes dengan kontrol yang ketat glukosa dan gaya hidup sehat (penurunan berat badan, pembatasan diet, dan olahraga).


Strabismus (crossed Mata)

Mata menyeberang (strabismus) adalah suatu kondisi dimana mata tidak melihat ke arah yang sama sebagaimana mestinya. Satu mata dapat melacak berbeda dari yang lain menyebabkan penampilan terputus-putus. Anak-anak lahir dengan gangguan ini dapat mengembangkan penurunan penglihatan pada satu mata (amblyopia). Pengobatan untuk strabismus melibatkan menggunakan penutup mata pada mata yang lebih kuat, latihan mata, dan mungkin operasi.


Floaters

Spots, garis lengkung, string, bentuk, atau gumpalan mengambang di pandangan Anda disebut eye floaters. Floaters disebabkan oleh endapan atau kondensasi di jelly vitreous mata. Mereka adalah konsekuensi umum dari penuaan. Jika Anda mengembangkan beberapa floaters, atau floaters terkait dengan nyeri, diperiksa oleh dokter mata Anda. Dalam floaters umumnya tidak menyebabkan kebutaan dan sebagian besar tidak berbahaya. Tidak ada pengobatan definitif untuk floaters, karena kebanyakan akan memudar atau menjadi kurang terlihat dari waktu ke waktu.


Rabun dekat (hyperopia)

Rabun dekat (hyperopia) adalah kesulitan fokus pada objek yang dekat. Hal ini sangat umum dan insiden meningkat dengan usia. Hal ini disebabkan oleh kornea normal datar yang tidak memungkinkan cahaya untuk tajam fokus pada retina. Kacamata, lensa kontak, atau operasi dapat digunakan untuk memperbaiki hyperopia.


Rabun jauh (Myopia)

Rabun jauh (miopia) menyebabkan orang tidak mampu untuk melihat obyek yang jauh, meskipun mereka dapat melihat benda-benda di dekatnya jelas. Hal ini disebabkan oleh kornea memiliki terlalu banyak kelengkungan, sehingga masalah dengan fokus pada retina. Miopia adalah sangat umum dan mudah diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi.


Astigmatisme

Penyebab umum lainnya dari kesulitan visual Silindris, di mana gambar yang kabur karena kornea berbentuk tidak teratur. Silindris akhirnya akan mempengaruhi kebanyakan orang sebagai bagian dari proses penuaan. Hal ini diperlakukan dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi laser mata bias.


Buta Warna

Warna-warna yang kita lihat adalah hasil dari bagaimana mata kita (dan dengan demikian otak kita) menafsirkan panjang gelombang cahaya yang berbeda. Orang dengan buta warna memiliki kesulitan melihat warna tertentu, biasanya merah, hijau, dan biru. Buta warna disebabkan oleh tidak adanya atau kerusakan sel-warna sensitif terletak di retina. Sebagian besar waktu ini adalah genetik (orang dilahirkan dengan itu) tetapi juga dapat disebabkan oleh penuaan, penyakit, trauma pada mata, atau obat-obatan tertentu. Jika penyebab buta warna adalah genetik, masalah tidak dapat diperbaiki tetapi orang dapat dilatih untuk beradaptasi untuk menafsirkan nuansa warna.


Proaktif Kesehatan Mata

Jaga mata Anda untuk melindungi visi Anda. Selalu gunakan pelindung mata untuk menghindari cedera dan memakai kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar UV. Orang lebih dari usia 40 harus memiliki memeriksakan mata mereka setiap dua tahun dan lebih dari 60 orang harus mata mereka setiap tahun.

Jadilah proaktif dalam kesehatan mata Anda. Jika Anda melihat gejala-gejala gangguan, segera berkunjung ke dokter mata Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar