Selasa, 30 Juni 2015

Diagnosis Katarak

Katarak terdeteksi dengan mencari kekeruhan lensa selama pemeriksaan mata medis oleh profesional perawatan mata. Lensa normal dapat dilihat dengan menggunakan berbagai instrumen melihat khusus. Menggunakan berbagai tes, dokter dapat memberitahu berapa banyak katarak dapat mempengaruhi penglihatan.

Tes mata biasa termasuk pengujian ketajaman visual, sensitivitas silau, penglihatan warna, sensitivitas kontras, dan pemeriksaan menyeluruh dari semua bagian lain dari mata. Sebuah pemeriksaan mata menyeluruh akan memastikan kehilangan penglihatan bukan karena masalah mata umum lainnya, termasuk diabetes, glaukoma, atau degenerasi makula.

Kebanyakan katarak berkembang terkait dengan penuaan secara perlahan, dan banyak pasien mungkin tidak menyadari kehilangan penglihatan sampai kondisi cukup berat. Hal ini tidak penting untuk memiliki operasi untuk mengangkat mereka sampai mereka mulai mempengaruhi penglihatan.

Perkembangan katarak tidak dapat diprediksi; beberapa katarak tetap kurang padat dan tidak pernah maju ke titik di mana mereka menyebabkan penglihatan berawan dan memerlukan pengobatan, sementara yang lain berkembang lebih cepat. Dengan demikian, keputusan dan waktu untuk melanjutkan dengan operasi katarak bersifat individual untuk setiap pasien. Dokter Anda akan dapat memberitahu Anda berapa banyak kehilangan penglihatan Anda karena katarak dan jenis pemulihan visual yang dapat diharapkan jika operasi yang dipilih.

Profesional perawatan mata mungkin menyebutkan selama pemeriksaan mata rutin Anda memiliki perkembangan katarak awal bahkan jika Anda belum mengalami gejala visual. Meskipun dokter Anda akan dapat memberitahu ketika Anda pertama kali mulai mengembangkan katarak, biasanya Anda akan menjadi orang pertama yang melihat perubahan dalam visi Anda yang mungkin memerlukan operasi katarak.

Kekeruhan dari lensa mungkin mulai terlihat pada usia berapa pun, tetapi hal ini jarang terjadi sebelum usia 40. Namun, sebagian besar orang tidak akan mulai memiliki gejala katarak mereka sampai bertahun-tahun setelah mereka mulai berkembang. Katarak dapat dengan aman diamati tanpa pengobatan sampai Anda melihat perubahan dalam penglihatan Anda.

Pembedahan dianjurkan untuk kebanyakan individu yang memiliki kehilangan penglihatan yang signifikan dan gejala sekunder untuk katarak. Jika Anda memiliki penyakit mata lainnya yang signifikan terkait dengan katarak yang membatasi penglihatan, dokter mungkin tidak merekomendasikan operasi. Kadang-kadang setelah trauma pada mata atau operasi mata sebelumnya, katarak dapat membuat sulit untuk profesional perawatan mata untuk melihat retina di belakang mata.

Dalam kasus ini, hal itu masih mungkin tepat untuk menghilangkan katarak sehingga evaluasi saraf retina atau optik lebih lanjut dan pengobatan dapat terjadi. Modus operasi dapat disesuaikan dengan individu berdasarkan masalah medis lainnya. Operasi katarak umumnya dilakukan dengan sedasi minimal dan biasanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Oleh karena itu operasi tidak meletakkan beban yang signifikan pada jantung atau paru-paru.

Bedah refraktif seperti LASIK bukan merupakan kontraindikasi untuk operasi katarak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar